UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 KOTA BIMA)
pdf

Keywords

Efforts, Islamic Education Teachers, Student Characters

Abstract

The purpose of the study was to find out the character values applied and the efforts of Islamic education teachers in shaping the character of students in the State 1 High School in Bima City. This study uses a qualitative, descriptive-analytic approach that analyzes data empirically. This type of research is a case study, while data and data sources in the form of words, behavior, and actions of Islamic religious education teachers. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Data analysis is used by using an interactive model data analysis component. The conclusions are: First, the application of character values to students has been carried out by the school through intracuricular and extracurricular activities, namely: (1) integrating the values of character education in the subjects taught by the teachers; and (2) holding yasinan (al-Qur'an) together every Friday and scouting. Second, the efforts of Islamic religious education teachers in shaping student character, namely: (1) integrating Islamic religious education subjects with national character values; (2) Qur'anic literacy training, religious lectures (Islam) and familiarizing students with prayer in congregation; (3) applying good character in social and interactive relationships.

https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.99
pdf

References

Amri, Sofan dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Amrin, Tatang M. dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: YRAMA WIDYA.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012.Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Bryan,Yan Putra, Vidio: Adegan Bentrokan SMA Kota Bima, diakses, 17 Mar 2012, http://www.youtube.com, diakses, tanggal, 23/10/2013.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzi, Fadil Yudia dkk. 2013. Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKN UNJ Online, Volume 1, Nomor 2.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Imlpementasi. Bandung: Alfabeta.
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1, diakses, tanggal, 15/03/2014.
http://www.youtube.com, Perkelahian Siswi di Kota Bima, 23 Juli 2012, diakses, tanggal, 23/10/2013.
Kemendiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.
________. 2011.Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Khozin. 2001. Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: UMM Press.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompentensi Konsep dan Implemenatasi Kurikulum 2014. Bandung: Remaja Rosdakrya.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakrya.
Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam “Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikasi-Normatif”. Jakarta: Amzah.
Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhaimin. 2012. Pradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
________. 2012. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
________. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, Akhyar M., Pelajar SMA Bacok Guru danRekannya di Sekolah, 22 Agustus 2013, http://tempo.co, diakses, tanggal, 23/10/2013.
Oemar, Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang.
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. Malang: UIN-Maliki Press.
Salahudin, Anas dan Alkrienciehie, Irwanto. 2013. Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsepdan dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
________. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeda.
Sutrisno dan Alborobis, Muhyidin. 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutrisno. 2008. Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman). Yogyakarta: Kota Kembang.
Syafaat, Aat. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: Rajawali Pers.
Tafsir, Ahmad. 2009. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Maestri.
__________. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Taufiq, Ahmad dan Rohmadi, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Yuma Pressindo.
Tobroni. 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.
________. 2010. The Spiritual Leardership “Meraih Kekokohan Spiritualitas Menggapai Keberhasilan Kepemimpinan”. Malang: UMM Press.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).
Yin, Robert K. 2011. Studi Kasus Desain dan Metode. terj. M. Djauzi Mudzakir, Jakarta: Rajawali Pers.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.